Tips Membeli Durian

DSC_3231

Kali ini saya coba membantu pembaca sekalian tips bagaimana membeli durian supaya hasilnya memuaskan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membeli durian sesuai pengalaman saya sebagai seorang durian mania (hee,,) antara lain;

1. Carilah penjual yang menjajakan durian dalam jumlah banyak dan terlihat segar serta fisik durian terlihat bagus, tidak banyak cacatnya. Hal ini supaya kita bisa memilih durian dengan leluasa. Sebetulnya bisa saja kita memilih penjual dengan dagangan yang sedikit, asal kelihatan bagus bentuk duriannya.

2. Carilah lokasi yang disana banyak penjual durian, sehingga ketika kita tidak mendapati durian pilihan pada seorang penjual, kita bisa pindah ke penjual lain tanpa sungkan. Beda jika kita menawar durian ke seorang penjual yang sendirian, karena tidak ada penjual lain, maka biasanya dimahalkan. Dan juga jika kita biasanya sungkan jika tidak jadi membeli durian yang sudah kita tawar.

3. Pada saat memilih durian, silakan lihat artikel saya tentang tips memilih durian yang bagus dan enak.

4. Tanyalah ke penjual berapa harga duriannya. Misal harga durian tersebut 35ribu, saran sara tawar dengan membeli 2 atau 3 buah dengan penawaran 50ribu. Jangan menawar durian satu persatu, tapi kumpulkan dulu semua durian yang akan kita beli, baru setelah itu kita tawar. Karena kalau kita tawar satu persatu, jatuhnya akan mahal. Berbeda kalau kita nawar durian dalam jumlah lebih dari satu, tentu penjual akan memberi discount.

5. Dulu saya tipe orang yang suka membeli durian yang besar, supaya sekalian enak dan puas makannya. Tapi lama kelamaan saya lebih condong memilih durian yang kecil (asal jangan kecil banget) tetapi banyak. Misal, jika satu durian besar harganya 35ribu dan durian kecil harganya 10ribu, saran saya belilah yang 10ribu tetapi jumlahnya banyak. Jadi jika kita keluar budget 70ribu, lebih baik dapat durian 6 atau 7 dari pada hanya dapat durian 2 atau 3. Alasan lain karena jika durian yang besar itu ada yang mentah atau busuk atau gak enak, yang tersisa cuma satu, sedang jika kita beli duriannya banyak, dan ada yang gak enak, yang lain masih banyak.

6. Pada saat membuka durian, buka semua durian terlebih dulu, trus cicip mana yang enak dan mana yang gak enak. Makanlah yang gak enak dulu, dan sisakan durian yang enak sebagai penutup. Jangan buka satu persatu, celakanya kalau durian terakhir yang kita buka mentah atau busuk, rasa-rasanya semua durian yang kita makan jadi gak enak dan kurang berkesan.

Semoga bermanfaat..

Jika menyukai artikel ini, like and share ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better