Tips Memilih Durian

durian21

Di sebagian daerah sudah mulai musim durian, bagi para penggila durian tentu ini waktu yang ditunggu-tunggu. Bagi saya, membeli durian memiliki dua kesenangan; pertama ketika memilih dan membuka durian yang kita beli. Ada kepuasan dan kebanggaan tersendiri bila durian yang kita pilih hasilnya bagus dan enak, sebaliknya bila durian yang kita pilih ternyata tidak enak, masih mentah, atau bahkan busuk (asemmm…) maka menyebalkan. Kedua, tentu saat ketika kita menikmati buah durian tersebut.

Sedikit berbagi tentang bagaimana memilih durian yang bagus dan enak agar kita terhindar dari kekecewaan ketika membelinya. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memilih durian;

1. Buahnya bersih, bentuknya bulat penuh atau bulat memanjang (istilah untuk durian petruk) dan terlihat semua ruas duriannya, tidak ada cacat fisiknya seperti; busuk, bolong, warna yang tidak menyenangkan, tidak ada bekas goresan pisau.

2. Baunya menyengat. Ketika membeli, cobalah untuk mencium durian tersebut. Bila sudah bau, artinya durian tersebut sudah masak. Tetapi bagi seorang pemilih durian yang expert seperti saya (hee,, ) cenderung memilih durian yang baunya khas dan tidak begitu menyengat. Biasanya durian yang seperti itu rasanya di atas rata-rata enaknya. Tapi ini memang sedikit spekulasi.

3. Durian yang bagus, biasanya berwarna hijau pekat atau kuning pekat.

4. Durian yang dikocok bunyi, tidak menjamin durian tersebut bagus. Tetapi dijamin durian tersebut kering atau tidak lengket. Bisa jadi kering tersebut masak dan enak, bisa jadi justru mentah.

5. Lihat juga tangkainya, bila terlihat seperti jatuh alami (bukan dipotong pakai pisau), kemungkinan durian tersebut sudah matang dipohon. Tapi jika terlihat seperti terpotong rata seperti diiris dengan pisau, saran saya jangan dipilih, karena si penjual ingin mengelabui pembeli supaya dikira buah jatuh dari pohon.

6. Terakhir, bacalah bismillah ketika memutuskan memilih. Semoga durian pilihan tidak mengecewakan.

Semoga bermanfaat..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better