Bagaimana Memulai Usaha?

How-to-Start-a-Small-Retail-Business copy

Pilihan menjadi seorang wirausaha memang cukup menggiurkan, disamping memiliki kelebihan juga berpeluang memberikan penghasilan yang relatif menjanjikan bagi yang mampu mengelola bisnisnya.

Ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan seorang muslim ketika terjun ke dunia bisnis dan hendak memulai membuka usaha;

  1. Niatkan untuk mencari ridho dan karunia Alloh. Setiap rizki yang kita terima adalah karunia dari Alloh, sehingga berapapun besarnya wajib kita syukuri. Bagi yang merasa rizki yang diterimanya masih sedikit, tetaplah bersyukur sambil terus bekerja keras memperbaiki manajemen usahanya, semoga dengannya Alloh akan menambahnya.
  2. Jika Anda ingin membuka usaha, jangan terlalu banyak berpikir, tinggal mulai aja! Apapun jenis usaha yang akan Anda jalankan, selama itu memang sudah Anda rencanakan, maka langkah terbaik adalah KERJAKAN. Bob Sadino pernah ditanya, “Om Bob, bisnis apa yang bagus? Bob Sadino menjawab, “Bisnis yang dijalankan”. Artinya, jangan terlalu banyak berpikir apakah bisnis ini bagus, prospek atau tidak? Bagaimana jika nanti gagal? Itu hanya ketakutan Anda saja. Tidak ada seorang bisnis man yang tidak pernah gagal, bahkan semakin banyak gagal, maka akan semakin menempa kita dalam menjalankan bisnis kita.
  3. Jangan libatkan diri Anda pada dunia perbankan ribawi. Sebagian kita mungkin kadang merasa terdesak sekali butuh uang dan pinjam bank dengan alasan untuk modal dan pengembangan bisnis. Menurut saya, seorang yang dari awalnya bergantung kepada bank atau lembaga keuangan, maka sampai kapanpun dia akan tergantung kepada bank. Kita tahu bahwa bank mengandung unsur riba, dan riba ini akan menghilangkan keberkahan usaha kita. Sehingga jika hasil dari usaha kita banyak, tetap saja hilang keberkahannya, apatah lagi jika sedikit. Apa yang kita cari dari rizki jika bukan keberkahan? Sedikit tetapi berkah jauh lebih baik daripada banyak tetapi tidak ada barokahnya.
  4. Pilihlah jenis usaha dengan “minimum risk atau bahkan zero risk”, artinya jika usaha Anda gagal, maka modal yang Anda keluarkan masih bisa diharapkan kembali, misalnya dengan menjual aset yang mudah terjual.
  5. Jika Anda seorang pemula, tidak disarankan berbisnis dengan modal besar.
  6. Untuk menjadi seorang pengusaha sejati, setidaknya milikilah beberapa kriteria ;
  • Tekun, ulet dan siap bekerja keras.Jika Anda pemalas, maunya enak dan gak mau susahnya, maunya begitu buka usaha langsung menikmati hasilnya, maunya jadi bos tanpa ada kerja keras dan susah payah sebelumnya, urungkan niat Anda jadi pengusaha.
  • Kreatif dan inovatif. Di era informasi global saat ini, seorang pengusaha dituntuk kreatif dan inovatif bagaimana mengembangkan usahanya.
  • Tahan banting. Ini yang membedakan seorang pengusaha sukses, dia akan bangkit dari kegagalan dan keterpurukan walau untuk yang ke 1000 kali. Jangan menyerah dengan keadaan, selama Anda yakin bisnis Anda bisa berkembang, maka bekerja keraslah untuknya.
  • Manajemen perusahaan. Sebagian besar rekan-rekan bisnis saya yang jatuh dan kolaps penyebab dominannya dikarenakan tidak adanya manajemen perusahaan. Minimal, ada beberapa hal yang perlu Anda kerjakan dalam usaha Anda ;
    • buatlah catatan uang keluar masuk,
    • target kinerja,
    • manajemen karyawan,
    • manajemen standar layanan usaha Anda,
    • briefing karyawan,
    • evaluasi.

Jangan takut gagal berbisnis..! Kalaulah Anda gagal diawal, Anda akan mendapati banyak pelajaran karenanya, dan bisa jadi itu awal dari sukses Anda. Jangan langsung berharap dengan usaha Anda yang pertama itulah yang akan menghantarkan Anda sebagai seorang pengusaha. Banyak kisah para pengusaha sukses yang dia sukses bukan diusaha pertama, bisa kedua atau ketiga dan seterusnya. Kita tidak tahu di usaha apa kita akan sukses.

Kita banyak mendengar kisah sarjana elektronika yang sukses jadi pedagang bakso, seorang dokter sukses jadi bos kuliner, seorang ustadz sukses dibisnis sayuran, lulusan SD atau SMP sukses jadi pengusaha toko elektronika dan lain-lain.

Tetapi itu semua butuh perjuangan, semoga bermanfaat.

2 Responses to Bagaimana Memulai Usaha?
  1. Terimakasih atas ulasannya, cukup membuka pandangan saya ๐Ÿ™‚

  2. Nice article… terima kasih atas informasinya sangat bermanfaat sekali untuk memulai usaha yang penuh berkah….

    Salam kenal…izin copas & share min!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better