Kelebihan Wirausaha Dibanding Karyawan

yes-or-n1 copy

Tidak salah jika Anda ingin menjadi seorang wirausahawan atau seorang pengusaha. Walaupun sifatnya kecil atau bahkan mikro business, tetapi pemiliknya disebut “owner”. Dan seorang business owner memiliki banyak kelebihan dibanding seorang karyawan, diantaranya;

  1. Bekerja untuk dirinya sendiri. Semua pekerjaannya dikerjakan dengan tenang dan penuh kesungguhan, karena dia bekerja untuk dirinya sendiri dan tidak ada tekanan dari atasan. Kalaupun ada target-target omset, maka semua kembali kepada dirinya sendiri yang paling mengetahui tentang kemampuan manajerialnya.
  2. Memiliki banyak waktu luang. Waktu luang adalah salah satu anugrah Alloh yang sangat besar. Betapa banyak orang-orang kaya yang memiliki banyak uang tetapi tidak memiliki waktu untuk menggunakan uang yang diperolehnya dengan susah payah. Seorang wirausaha dengan mudah meluangkan waktu untuk dirinya, anak-anaknya, keluarganya juga teman-temannya. Berbeda dengan seorang karyawan yang tidak bisa sesukanya menggunakan waktunya, karena dia terikat oleh aturan pekerjaan.
  3. Sesungguhnya 90% rizki manusia berasal dari perdagangan (bisnis), sehingga tepat apa yang digambarkan seorang menteri tentang pegawai negeri (PNS) : “Menjadi PNS itu sebuah pilihan. Ibarat memancing di aquarium, jumlah dan besar ikannya sudah jelas. Jika ingin mendapatkan ikan Paus, jangan memancing di aquarium, tetapi di Lautan karena di sanalah letak ikan-ikan besar. Kalau mau kaya sebaiknya tidak menjadi PNS, tetapi menjadi pengusaha, atau pedagang karena disanalah 90% perputaran rezeki terjadi.”
  4. Kesempatan mengembangkan potensi. Seorang entrepeneur memiliki peluang yang sangat besar mengkspresikan kemampuan dirinya. Dia bisa dengan bebas dan leluasa mengembangkan ide-ide, kreatifitas dan inovasinya di usaha yang ia terjun didalamnya. Jika dia mampu mengendalikan ide dan kreatifitasnya, maka peluang untuk sukses besar sangat mungkin. Tetapi sebaliknya, jika ia gagal, maka akan gagal pula usahanya. Tetapi kelebihan seorang entrepreneur adalah bangkit…bangkit dan bangkit lagi untuk mencapai impiannya. Berbeda dengan seorang karyawan yang ide dan kreatifitasnya dibatasi oleh aturan kantor atau perusahaan (SOP atau birokrasi)
  5. Unlimited Income, bukan berarti penghasilan tak terbatas atau banyak sekali, tetapi lebih kepada artian bahwa penghasilan seorang pengusaha bersifat fluktuatif, naik turun dan tidak tetap, sehingga memacu seseorang untuk bekerja lebih keras. Hal ini berkebalikan dengan penghasilan seorang karyawan yang sudah bisa diketahui di awal bulan, kalaulah ada selisih hanya pada bonus kinerja. Demi meningkatkan penghasilane sorang pengusaha dituntut bekerja keras, berlomba dengan banyak variabel;
  • Modal,
  • Skill; managerial skill, technical skill,
  • Kompetitor atau pesaing,
  • Waktu,

Hal inilah yang menjadikan bersemangatnya seorang pengusaha bekerja.

Seorang pengusah memiliki banyak kelebihan, demikian juga seorang karyawan. Menjadi seorang pengusaha atau karyawan adalah pilihan, Andalah yang menentukan, semoga bermanfaat.

Jika menyukai artikel ini, like and share ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better