Tips Memunculkan File Yang Tersembunyi atau Hidden File Oleh Virus

hidden-file-karena-virusJangan panik ketika file di flashdisk atau komputer Anda tiba-tiba hilang atau tidak muncul, bisa jadi itu hanya akal-akalan virus yang menyebabkan file Anda menjadi hidden file sehingga tidak muncul.

Cara menampilkan file tersembunyi sangatlah mudah, kita hanya membuat file masjumat.bat dari notepad kemudian mengeksekusinya di drive dimana file kita terhidden. Untuk membuat file masjumat.bat tersebut berikut langkah–langkahnya :

  • Buatlah file notepad di drive dimana file kita ter-hidden, misalnya di drive C, D, E atau di flashdisk (F) atau micro sd (G) dan seterusnya.

Caranya klik kanan – new – text document

2

  •  Open file tersebut, kemudian ketikkan ;

Echo off

Attrib –s –a –r –h /s /d

1

  •  Kemudian rename filenya dari new text document.txt menjadi masjumat.bat dan icon file akan berubah menjadi seperti dibawah ini ;

3

  •  Setelas selasai membuat file masjumat.bat, klik dua kali untuk menjalankannya, dan tunggu beberapa saat sampai proses selesai.

4

  •  Setelah selesai maka file – file kita akan muncul semua dan kita sudah bisa mengakses file kita yang ter hidden tadi. Selain itu alangkah lebih bagusnya kita delete file-file yang tidak terpakai seperti ; recycler, bootex.log, found.000, found.001, found.002, autorun.inf.
  • Biasanya kalau sudah terinfeksi virus seperti diatas, sebaiknya segera bawa laptop atau PC kita ke teknisi terdekat, karena jika tidak, maka virus akan muncul lagi dan menyembunyikan file-file kita.

Semoga bermanfaat.

Jika menyukai artikel ini, like and share ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better