Saudi Sukses Memerangi Teroris?

say no to teroristArab Saudi termasuk negara yang sukses dalam memerangi TERORISME, beberapa teknik yang digunakan antara lain;

1. Menanamkan pemikiran kepada warganya bahwa ajaran terorisme bukanlah dari islam. Terorisme yang identik dengan kekerasan, perusakan, pengeboman, bahkan bom bunuh diri, perusakan fasilitas-fasilitas umum, pembunuhan dan tindakan amoral lain adalah perbuatan yang sangat bertentangan dengan islam. Tugas ini banyak diemban oleh para ulama dan diteruskan oleh para penuntut ilmu (thalabul ilmi) baik didalam negeri Saudi sendiri maupun kepada para penuntut ilmu (ustadz) diseluruh dunia yang belajar agama di Saudi.

2. Mengajak berdialog kepada para teroris, khususnya yang berada didalam penjara. Para teroris (khawarij) yang tertangkap dan dipenjara sering didatangi para ulama yang ahli dibidang terorisme kemudian diajak berdialog secara terbuka, diberikan nasehat yang diambil dari al-quran dan hadist-hadist nabi serta pendapat-pendapat para ulama bahwa tindakan perusakan tersebut bukanlah ajaran islam. Tahap ini memang tidak mudah, karena keyakinan seseorang tidak bisa begitu saja disadarkan, terlebih mereka yang terkena syubhat (kekacauan berpikir) yang kuat tentang jihad, yakni bahwa seakan-akan tindakan pengeboman dan pembunuhan orang-orang kafir itu menurut mereka adalah jihad. Akan tetapi atas berkat dan pertolongan Alloh, banyak diantara para “jihadis” tersebut yang kemudian sadar dan bertaubat dari kesalahannya dan rujuk (kembali) kepada islam yang lurus, dan kembali ke masyarakat.

3. Disisi lain, pemerintah Saudi juga sangat memperhatikan kebutuhan para tersangka teroris yang ada didalam penjara. Mereka diperlakukan dengan sangat baik, bahkan lebih baik dari tahanan yang lain. Bahkan kebutuhan keluarga mereka dirumah dicukupi oleh pemerintah Saudi. Dengan ini, banyak diantara mereka yang sadar akan kesalahannya. Bahkan setelah keluar dari penjara, mereka diberi pekerjaan yang layak dan mendapat gaji yang cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.

Inilah beberapa hal yang menjadikan Saudi termasuk negara yang berhasil memerangi terorisme. Berbeda dengan Indonesia yang lebih banyak menggunakan jalan kekerasan melawan para teroris, sehingga sudah tidak asing ditelinga kita ketika tiba-tiba media diramaikan dengan pemberitaan tertembaknya seorang teroris atau berita tentang penyerbuan sarang teroris, tetapi sayang berita itu tidak pernah berhenti menghiasi media-media elektronik dan cetak nasional, bahkan disinyalir para teroris semakin menguat dan meningkatkan intensitas serangan mereka ke fasilitas-fasilitas negara.

Semoga Indonesia meniru langkah Saudi dalam memerangi terorisme, karena dimanapun adanya, perusakan, pengeboman dan pembunuhan akan merugikan kita semua.

=================================================

Jika menyukai artikel ini, like and share yak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better