Nama Akun Facebook Terbaik Untuk Anda

Facebook adalah dunia pertemanan yang begitu luas tak terbatas. Siapapun bisa berteman dan terhubung dengan siapa saja didunia ini. Karena itu, banyak orang menggunakan facebook sebagai media tersendiri sebagai sarana dirinya mengekspresikan tujuannya. Ada orang yang memanfaatkan facebook untuk sarana kebaikan, tetapi banyak juga yang mendompleng facebook untuk tujuan kejahatan dan pemenuhan hawa nafsu dirinya. Orang yang berniat menebarkan kebaikan melalui facebook, tentu dia tidak takut menggunakan nama aslinya sebagai nama akun facebooknya. Sebaliknya, orang yang berniat buruk, dia cenderung menggunakan nama akun samaran supaya identitas asli dirinya tertutupi dan aibnya tidak terbongkar.

Saya pribadi respect dan lebih menyukai teman-teman yang memiliki nama akun sama dengan nama aslinya, tetapi ini tidak berpemahaman sebaliknya*. Mengapa nama akun yang sama dengan nama asli lebih saya hargai;

Karena lebih meyakinkan bahwa si pemilik akun benar-benar orang yang saya ketahui identitasnya, bukan akun unknown, atau akun bayangan, alias atau akun palsu yang dengannya dia bisa berbuat apa saja terhadap orang lain dalam tautan pertemanannya, misalnya melakukan kejahatan dunia maya, penipuan, pelecehan, mengacau dan lain-lain.

Dalam banyak kasus kita jumpai nama akun yang bukan aslinya, semisal**;

  • Nama samaran; Ali Mahdi, Bang Jack, Pangeran Mercon, Jenggot Cingkrang
  • Nama keislam-islaman; Aqilla Husein Aqilla Husein,
  • Termasuk yang menggunakan nama kunyah abu dan ummu semisal Abu Bakar Hangus, dan nama-nama kunyah lain.

Nama akun seperti diatas tidak menunjukkan identias pemiliknya, melainkan hanya nama samaran dan pengalihan. Akun-akun tersebut rentan disalahgunakan seperti;

  • Mengacau TS atau beranda milik orang lain,
  • Membuat komentar yang kasar, jorok, berisi fitnah, adu domba dan lain-lain,
  • Menipu orang lain, seperti mau meminjam uang untuk bayar kontrakan, istrinya sakit keras,
  • Pelecehan sexual. Banyak muncul dimedia bahwa kasus pelecehan, pencabulan, pemerkosaan dan kasus sexual lain terjadi karena perkenalan lewat facebook. Dan biasanya, sipelaku tidak menggunakan aslinya, karena takut terbongkar aibnya sehingga paling aman adalah memakai nama alias.
  • Mengadu domba. Terkadang ada nama akun yang terlihat baik, keislam-islaman tetapi beranda dan komentarnya penuh kata-kata kotor, jorok, memfitnah dan mengadu domba.

Sangat mungkin bagi orang yang punya niatan buruk dengan sengaja membuat akun bayangan atau akun palsu yang kerjaannya seperti diatas. Dia menebar fitnah dimana-mana, menipu banyak orang, mengacau dan mengadu domba. Perbuatan tersebut tidak hanya berupa status diberandanya, tetapi juga masuk ke komentar orang lain, dan juga memposting ke banyak grup facebook, yang akhirnya menambah besar dampak keburukan yang ditimbulkan.

Sangat mungkin pula seseorang bermodalkan nama akun yang baik, kemudian membuat status yang baik-baik, berisi nasehat, ayat-ayat al-quran atau hadist-hadist Nabi Shallallahu’alaihiwasallam kemudia berlagak suka memberi nasehat. Berhubung nama akunnya tidak asli, maka ketika ada peluang, dia lancarkan niat buruknya kepada para korbannya. Hal ini biasa terjadi dalam kejahatan seperti pelecehan sexual, pencabulan, penipuan dan kejahatan pidana lain. Sehingga ada baiknya nama asli kitalah yang kita gunakan sebagai nama akun facebook.

*Saya tidak bermaksud mengatakan bahwa setiap nama alias atau nama samaran atau nama yang menggunakan kunyah adalah buruk dan perlu dicurigai.

**Maaf jika ada kesamaan nama, ini sekedar contoh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better