Ahlussunnah, Bersatulah..!

Saya menganggap kawan-kawan dari Nahdhiyin (NU), Muhammadiyah, Persis, DDII, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) atau Ikhwanul Muslimin, Hizbut Tahrir, Majlis Tafsir Alquran (MTA), Wahdah Islamiyah, salafy, atau yang ada di partai PPP, PKB, PBB, dan seluruh partai yang ada, atau yang ikut jamaah-jamaah yang masih berpedoman pada alquran dan hadist nabi adalah saling bersaudara. Benar, bahwa masing-masing memiliki penyimpangan, dan kadar penyimpangannya sesuai dengan jauh dekatnya dia dari al-quran dan hadist nabi. Tetapi penyimpangan tersebut tidaklah menjadikan status saudara seiman hilang, sehingga mereka semua memiliki hak yang wajib ditunaikan, yakni saling nasehat menasehati dalam kebaikan dan taqwa. Nasehat tersebut wajib disampaikan dengan baik, tidak saling mencela, mencaci, memfitnah, berkata kotor, apalagi melaknat dan mengkafirkan. Jika demikian, gugurlah hak saudaranya, dan hilanglah ukhuwah islamiyah diantara mereka.

Perselisihan pendapat (khilaf) sudah ada sejak dulu. Bahkan para sahabat radhiallahu’anhum juga tidak lepas dari perselisihan pendapat. Ikhtilaf ini tidaklah tercela selama masing-masing pihak berpegang kepada dalil, yakni alquran dan hadist nabi. Yang tercela adalah berpecah belah (iftiraq). Dan tidak pernah para sahabat nabi berpecah belah, semua mereka diatas jamaah dan diatas petunjuk sunnah Nabi Shallallahu’alaihiwasallam. Oleh karenanya, setiap perselisihan kita kembalikan kepada alquran dan sunnah Nabi Shallallahu’alaihiwasallam agar tidak terjadi perpecahan yang tercela. Ketika perselisihan tidak ditemukan solusinya, maka masing-masing pihak diam dan menahan diri agar tidak berlanjut menuju perpecahan antar kelompok.

Sudah banyak artikel dan tulisan yang mengupas tentang pentingnya persatuan sesama ahlussunnah. Persatuan disini bukan kemudian semua kelompok melebur menjadi satu dan masing-masing merelakan keyakinannya berubah menjadi keyakinan yang disepakati, ini mustahil! Bersatu yang dimaksud adalah mementingkan hal yang lebih besar, yakni membela islam dan kaum muslimin serta tidak membahas persoalan-persoalan fiqhiyah ijtihadiyah. Bersatu yang dimaksud adalah berlapang dada terhadap saudaranya, berkata dan berucap dengan baik, bermurah senyum, serta senantiasa berkhusnodzon (berbaik sangka) terhadap saudaranya. Ketika terbentur masalah fiqhiyah, maka berlapangdadalah terhadap saudaranya, tahanlah lisan kita dari ucapan-ucapan yang tidak konstruktif untuk persatuan, tahanlah lisan kita dari ucapan ucapan tabdi’, tafsiq, takfir dan ucapan-ucapan yang bersifat merendahkan. Ini semua akan merenggangkan ukhuwah islamiyah. Nasehat hendaklah disampaikan dengan baik dan benar, dengan kata-kata yang tepat dan sesuai dengan objek yang diajak bicara. Bila diterima, maka itu yang kita kehendaki, bila tidak diterima, maka bersabarlah dan doakanlah agar ia mendapat hidayah. Betapa banyak diantara kita sedikit sekali memiliki sifat sabar, terlebih dalam berdakwah? Baru sekali dua kali menyampaikan, kemudian berharap ia-nya mau mendengarkan dan mengikuti kita. Sabar itu bisa seminggu, sebulan, setahun, sepuluh tahun… Allah yang menentukan.

Saudaraku ahlussunnah…

Ada pekerjaan rumah besar dihadapan kita, ketika kita sibuk bertengkar, syiah dengan leluasa mendakwahkan ajaran sesatnya kepada awamnya kaum muslimin. Syiah dengan mudahnya mengambil orang-orang awam untuk dijadikan santapan ajaran mereka. Kita yang ahlussunnah memang dibuat ribut oleh mereka para musuh-musuh islam agar kita tidak memiliki kekuatan, hingga pada saatnya kita semua akan menjadi santapan mereka. Maukah kita seperti itu?

Jika kita tidak mau terus-terusan berselisih dan bertengkar yang menyebabkan kita lemah, maka saatnya merubah mindset, cara pikir, cara pandang, sikap dan pemikiran kita yang selama ini mungkin keliru. Kita yang selama ini mungkin kaku dalam berdakwah, keras, sulit menebar senyum, sulit bergaul dan sikap kontraproduktif dalam dakwah lain ada baiknya merubah menjadi apa yang para salaf ajarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better