Membongkar Rahasia Salafi

Salafi adalah nisbat atau penyebutan kepada kelompok salaf, yakni kelompok yang dinisbatkan kepada para ulama baik dari zaman sahabat nabi, murid-muridnya, ulama madzhab, para ulama ahli hadist dan orang-orang sholeh yang hidup pada abad pertama hingga ketiga hijriah. Mereka para salaf adalah kaum yang dijamin selamat agamanya oleh Allah, sehingga menisbatkan nama kepada mereka adalah penisbatan yang baik. Jika disebut dengan salafi, artinya ia berislam dengan mengikuti jalannya para salaf.

Sebagai seorang salafy (insyaallah), saya sedikit banyak mengetahui rahasia kelompok ini, baik dalam maupun luarnya. Tapi tentunya rahasia yang akan saya bongkar bersifat subjektif sejauh ilmu yang saya dapat dan sebanyak pengalaman yang saya dapati juga.

  1. Rahasia pertama, seorang salafy senantiasa rujuk (mengikuti) kepada kebenaran. Manusia adalah tempat lupa dan alpha, begitu juga seorang salafy tidak akan lepas dari kesalahan, akan tetapi setiap ia mengetahui dirinya salah, ia segera bertaubat dan rujuk dari kesalahan tersebut. Aneh jika seorang mengaku salafy tetapi bersikap keras dan enggan menerima kritik dan nasehat dari orang lain.
  2. Rahasia kedua, seorang salafy senantiasa beramal diatas dalil dari al-quran maupun hadist-hadist Nabi shallallahu’alaihiwasallam. Sehingga tidak akan dijumpai dalam manhaj salaf ini, seseorang beribadah tanpa dalil dari keduanya, walaupun yang mengatakannya seorang ustadz, atau seorang syaikh, atau bahkan seorang imam kaum muslimin. Karena Sang Pembuat Syariat adalah Allah, maka yang memberi pahala juga Dia. Dia memberikan pahala kepada hamba-Nya atas amalan yang diperintahkan atau yang Rosul-Nya perintahkan, jika tidak ada pemberitahuan dari Allah dan Rosul-Nya, maka siapa yang akan memberikan pahala?
  3. Rahasia ketiga, seorang salafy senantiasa berjalan diatas bimbingan ulama ahlussunnah. Anda dapati para salafiyin hari ini, mereka banyak mengetahui nama-nama para ulama baik dari kalangan sahabat, tabiin, tabiit tabi’in, imam madzhab, para imam ahli hadist dari abad ke abad berikutnya, para ulama mujtahid, para ulama rabbani sejak masa keemasan islam hingga hari ini.
  4. Rahasia keempat, seorang salafy senantiasa bersemangat dan memberi perhatian lebih kepada ilmu dan amal sholeh. Ia akan tertarik kepada suatu hal yang menambah ilmu sehingga lebih bersemangat dalam beramal sholeh atau berhati-hati dari dosa-dosa yang tidak diketahuinya.

Nah, itulah beberapa rahasia seorang salafy. Jika keempat hal tersebut diatas ada pada diri Anda, bersyukurlah karena Anda adalah seorang salafy yang berislam sesuai jalannya Nabi Muhammad shallalahu’alaihiwasallam. Otherwise, jika Anda mengaku seorang salafy tetapi jauh dari ciri salafy diatas, bisa diduga itu hanya pengakuan saja, segera perbaiki pengakuan Anda.

One Response to Membongkar Rahasia Salafi
  1. Cahaya Mekar says:

    terima kasih,ilmunya sangat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better