Berkonflik Dengan Sesama Ahlussunnah?

tesjSayang jika energi kita terkuras untuk diskusi dan berdebat dalam hal-hal yang sepele. Seorang ahlussunnah adalah siapa saja yang mendapati kebenaran, dan ia pun rujuk kepadanya. Rujuknya ia dari kealphaan menuju kebenaran tidaklah menunjukkan kelemahan dan kekalahannya, justru itu menunjukkan kebesaran hati, kemulyaan jiwa dan kuatnya pikirannya.

Personal mind saya sudah menutup ruang ‘perdebatan’ kepada teman-teman ahlussunnah, baik itu dari NU, muhammadiyah, wahdah, PKS, HTI, MTA, atau dari jamaah dan organisasi kelompok ahlussunnah manapun, kecuali jika memang terpaksa, itupun biasanya saya lakukan via inbox atau malah kopdar sekalian.

Perdebatan orang awam di media sosial lebih banyak dampak negatifnya ketimbang positifnya. Dampak negatifnya banyak, dan yang terbaru salah satunya adalah bertepuknya musuh-musuh sunnah dan sekaligus ikut menyusup ke tengah-tengah kita dengan tujuan ingin memecah belah sesama ahlussunnah. Itu nyata dan saya melihat sendiri orang-orangnya.

Kalau harus berkonflik, saya akan ngeyel dan ngotot kalau perlu ‘hajar’ orang-orang syiah, gerombolan liberal dan para penghina islam. Mereka layak kita musuhi, layak kita sebarkan kesesatannya dan layak kita hajar bersama-sama. Bagaimana dengan asy’ariyah wal maturidiyah? Mereka ahlussunnah, sayapun berdebat sengit dengan mereka, itu terjadi di inbox atau di grup-grup saja.

Sebab, saat ini kaum muslimin diserang dari berbagai penjuru, mendiskusikan perselisihan klasik hanya akan melemahkan barisan islam. Bukan berarti kita diam, tetapi mengutamakan persatuan dengan terus berdakwah dan menyampaikan al haq. Saya sudah membiasakan diri untuk bersikap rifq mengahadapi saudara-saudara dari asy’ariyah, jamah tabligh, HTI dan lain-lain, apalagi salafi wahabi tentu hati ini lebih terbuka lagi.

One Response to Berkonflik Dengan Sesama Ahlussunnah?
  1. mas rozi says:

    tulisannya sangat berbobot,,,
    tolong kasih masukan web ane ya,, masrozi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better