Cara Menangani Kemacetan

Berikut ini berapa cara menangani kemacetan versi pakar & pengamat transportasi;

  1. Membangun jalan-jalan baru dan jalan alternatif. Salah satu sebab kemacetan yang paling parah adalah tidak seimbangnya pertumbuhan kendaraan bermotor dengan dibukanya jalan-jalan baru.
  2. Manajemen ‘ganjil genap’. Ada hari dimana hanya mobil/motor berplat ganjil yang diijinkan lewat, demikian pula sebaliknya, yang melanggar ditilang.
  3. MRT, busway, monorel… Karena dengan banyaknya mass transport diharapkan banyak masyarakat yang meninggalkan kendaraan pribadinya dan berganti menggunakan mass transport tadi. 
  4. Menaikkan pajak kendaraan bermotor agar masyarakat berpikir ulang ketika akan membelinya mengingat pajaknya yang tinggi.
  5. Dari semua cara, kok tidak ada yang mengusulkan pembatasan penjualan kendaraan bermotor ya? Selama aturan itu tidak dijalankan, akan ada ribuan motor atau mobil yang terjual ke pasaran dan siap menyesaki jalanan yang akhirnya akan menambah kemacetan. Ini membutuhkan ‘sikap’ dari pemerintah karena berhubungan dengan policy. Tapi sepertinya kaum kapital yang pertama menolak kebijakan ini karena bisnis kendaraan bermotor cukup menggiurkan.

Ujung-ujungnya, tingkat konsumerisme kita sangat tinggi…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better