Seberapa Kuat Militer Arab Saudi?

Kalau secara mainstream mudahnya bisa buka situs wikipedia atau globalfirepower, disitu dibuat list rank world military power lengkap dengan jumlah dan jenis senjatanya. Secara klasik, disitu dimuat urutan militer terkuat di dunia dimulai dari Amerika, Rusia, China dan seterusnya. Nah Saudi sendiri bagaimana? Saya mencoba menulis dengan sudut pandang yang berbeda.

Kekuatan militer suatu negara yang paling tahu adalah negara itu sendiri, lembaga pemeringkat hanya bisa melakukan list rank berdasar data yang diterima atau yang bisa diambil olehnya, kemudian diolah dan dianalisa hingga keluarlah list rank tersebut.

Berbeda dengan perang konvensional yang lebih mengandalkan mental dan skill prajurit-prajuritnya, perang modern lebih banyak mengandalkan persenjataan. Kekuatan militer suatu negara sangat bergantung dari kemampuan persenjataan mereka, baik kecanggihan maupun jumlah persenjataan itu sendiri. Dan ini semua butuh dana yang sangat besar untuk bisa mewujudkannya.

Sedikit yang saya tahu dari kekuatan militer Arab Saudi misalnya;

1. Saat ini, Saudi adalah negara terbesar ketiga dalam hal belanja militer setelah Amerika dan China dengan nilai belanja $56,7B
Sumber; http://www.globalfirepower.com/defense-spending-budget.asp

2. Saudi adalah negara dengan kenaikan anggaran terbesar di dunia dalam hal belanja militer mengalahkan Amerika dan Rusia. Artinya, Saudi sangat tahu peta geo politik dunia khususnya Timur Tengah ditandai dengan terus meningkatnya eskalasi politik terutama setelah Iran sebagai negara Persia (non arab) secara terang-terangan menunjukkan hegemoninya di dunia arab, hingga Saudi melipatgandakan belanja militernya.
Sumber; https://m.tempo.co/…/anggaran-militer-arab-saudi-rp-766-tri…

3. Saudi sejak naiknya Raja Abdullah rahimahullah melakukan modernisasi besar-besaran dalam bidang persenjataan baik pesawat tempur, helicopter, tank, MBT, kapal tempur, kendaraan perang, dan lain-lain banyak sekali. Sehingga kita bisa lihat hari ini peralatan tempur Saudi sebagian besarnya baru dan full modifikasi.
Sumber; m.detik.com › finance

4. Disaat negara lain mengalami krisis finansial, Saudi justru meningkatkan belanja militernya dan merupakan importir senjata terbesar di dunia dengan varian negara asal senjata paling banyak. Saudi mengimpor senjata terbanyak dari Amerika, kemudian Inggris, Jerman, Prancis, Kanada, Italy sebagai eksportir senjata negara blok barat. Tetapi selain itu, Saudi juga mengimpor senjata dari negara-negara blok timur; Rusia, China, Kuba, India dan lain-lain. Ini juga salah satu langkah cerdas Saudi dimana ia banyak uang dan bebas membeli senjata kepada siapa saja. Langkah ini membuat negara lain tidak mengetahui secara pasti dan akurat seberapa kuat persenjataannya, termasuk Amerika sendiri sebagai eksportir terbesarnya.
Sumber; http://international.sindonews.com/…/indonesia-ranking-8-im…

5. Saudi diam-diam juga menanam nuklir di negara sekutu abadinya Pakistan. Ini termasuk langkah cerdas Saudi dengan mengembangkan nuklirnya secara diam-diam sehingga dunia tidak heboh. Berbeda dengan Iran yang heboh di media karena berhasil mengayak uranium sebagai bahan bakar nuklir padahal nuklirnya gak bisa buat.
Sumber; http://jakartagreater.com/arab-saudi-datangkan-rudal-nukli…/

6. Saudi juga memiliki sekutu tempur negara-negara dengan kekuatan militer yang sangat kuat semisal Turki yang anggota NATO dan Pakistan. Dua negara tersebut merupakan sekutu kuat yang jika terjadi penyerangan kepada salah satu negara sekutu tersebut artinya itu serangan kepada negara sekutu lainnya.

7. Saudi adalah negeri haromain, negeri pemilik dua tanah suci dan masjidnya, yakni Masjidil Haram Makkah dan Masjid Nabawi Madinah. Allah tidak akan membiarkan dua masjid mulia tersebut dikuasai orang-orang kafir dan munafiq. Allah juga tidak akan membiarkan musuh-musuh-Nya menyerang dan merusak tanah Makkah. Allah akan melindungi ka’bah dari setiap gangguan dan ancaman sebagaimana Allah melindunginya dari tangan Abrahah -insyaallah- Allah akan menurunkan para malaikatnya menjaga negeri tersebut -insyaallah- Inilah kekuatan terbesar yang dimiliki Negeri Saudi dalam melindungi islam dan kaum muslimin.

Demikianlah analisa pendek saya mengenai kekuatan tempur Arab Saudi. Semoga Allah senantiasa menjaga negeri Saudi dari makar musuh-musuh-Nya dari kalangan orang-orang kafir, musyrik, zindiq dan munafiq.

7 Responses to Seberapa Kuat Militer Arab Saudi?
  1. Hashim says:

    Admin ini kayanya cheerleaders nya saudi, saking getolnya dukung saudi akhirnya gagal insyaf & nyadar ape sdah menang.d yaman sama pejuang sarungan, wake up !!!!! houti perang cukup sambil sarungan lwan saudi+kroni arabnya yg pake jet canggih kaya kate mimin cheerleader, terus perang artinya siap2 bangkrut, mau berhenti perang artinya siap2 kena bully seluruh dunia, ape ga malu tuh, lwan houti anak sarungan aja repotnya saudi bukan main apalagi mau lwan bokapnye, modaaar bro!!!!!

    • masjumat says:

      Ah.. Ente bacanya arrahmahnews si, dikadalin ente!

      • Hashim says:

        Emang nye kenapa dg baca arrahmahnews kalo beritanya itu fakta bukan bualan kaya arrahmah. com yg suka mlintirin berita d luar fakta, asal tau ente, saya jg baca berita dr sumber lain kaya tempo, sindo, detik, republika, liputan 6, bbc indo or yg english, cnn, reuter, dll pokoknya seabrek deh, & media itu ane rasa cukup obyektif menilai wlau dlm beberapa kasus mreka tdk netral, tp kalo ente, sy yakin pasti doyan dr sumber media salafy, ga salah juga sbg referensi tp jngan d telan lngsung d kunyah dl baru d telan trus d cerna pake otak, tp ngomong2 bnr ga mas saudi kerepotan mlawan houti, apa berita itu cuma hoax doang, mungkin referensi mas utk jawab itu tersebar byk d media yg sy smpaikan tdi, kalo d media salafi d jamin susah nemu kalo nemu jg britanya agak ngelessss

        • Ahmad says:

          Biasanya tuh situs2 kloningan kyak arrajmahnews beritanya kebanyakan hoax, dibuat2..

          • Hashim says:

            Kebanyakan artinya tidak semua kan mas? Menurut sy kita perlu receck lg dg berita lain dr media yg bisa di anggap obyektif & netral

  2. syiah as suudi bin jahudi says:

    perang proxy media dimulai …:-)

  3. teuku says:

    Masjumat @ perang gerilya emang 100x labih susah dari pada perang head to head peal, noh as aja keok lawan veitnam gara2 perang gerilya, pikir jangan omong besar doang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better