Radikalisme, Pisau Bermata Dua

Picture127Mata satu mengarah kepada  pembenaran adanya takfir, yakni bahwa sebagian umat islam yang tersesat dalam pemahaman takfir, mudah mengkafirkan itu memang ada, dan itu termasuk salah satu fitnah akhir zaman. Mereka pernah dipesankan oleh Nabi Muhammad shallallahu’alaihi wasallam sebagai khawarij atau anjing-anjing neraka. Hidup mereka di dunia seperti anjing, dinerakapun mereka tetap dijuluki sebagai anjing karena saking buruknya sikap mereka. Mereka ini yang sekarang terkenal dengan ISIS atau IS atau ISIL atau Daesh, atau yang berafiliasi dan menyatakan loyal kepadanya.

Sedang mata lainnya mengarah kepada sikap lembek sebagian ummat atas hukum-hukum islam. Yakni bahwa mereka ini terkenal sebagai kelompok yang permisif, serba boleh, dan menganggap siapa saja yang berusaha berjalan di atas Al-qur’an dan sunnah nabi dan menyikapi segala sesuatu dengan hukup islam dicap sebagai kelompok radikal dan intoleran. Mereka dikenal dengan kelompok liberal atau yang berafiliasi kepadanya.

Kalau saya boleh berpendapat, kelompok kedua lebih berbahaya dari pada kelompok pertama dengan pertimbangan;

  1. Kelompok kedua lebih banyak syubhatnya
  2. Kelompok kedua lebih mudah masuk syubhatnya
  3. Kelompok kedua lebih lebih sulit mengeluarkan syubhatnya
  4. Kelompok kedua lebih tidak tahu etika dan norma dalam pendapat karena berlepas diri dari hukum syar’i
  5. Kelompok kedua lebih banyak jumlahnya di Indonesia khususnya dan dunia umumnya
  6. Kelompok kedua lebih banyak menaungi aliran-aliran sesat walau tidak sepemahaman atas dasar pluralisme
  7. Kelompok kedua lebih mungkin merasuk ke keluarga dan teman dekat kita

Baik kelompok pertama maupun kedua merupakan musibah sekaligus fitnah bagi islam. Mereka sama-sama duri dalam tubuh umat islam, sama-sama merusak islam dari dalam. Kita berlindung kepada Allah agar dihindarkan dari dua kelompok tersebut di atas.

One Response to Radikalisme, Pisau Bermata Dua
  1. […] Mata satu mengarah kepada  pembenaran adanya takfir, yakni bahwa sebagian umat islam yang tersesat di pemahaman takfir, mudah mengkafirkan itu memang ada, dan itu termasuk Disorientasi satu fitnah akhir Masa. Mereka Sempat dipesankan oleh Nabi Muhammad shallallahu’alaihi wasallam Bagaikan khawarij atau anjing-anjing neraka. Hayati mereka di Global seperti anjing, dinerakapun mereka tetap dijuluki Bagaikan anjing […] Source link […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better