Lebih Baik Zina Daripada Riba?

stempel-logo-PTRKita mungkin sering membaca atau mendengar tentang seberapa besar dosa riba, misalnya;

  • Riba itu ada 73 pintu (dosa). Yang paling ringan adalah semisal dosa seseorang yang menzinai ibu kandungnya sendiri. Sedangkan riba yang paling besar adalah apabila seseorang melanggar kehormatan saudaranya. Atau..
  • Satu dirham yang dimakan oleh seseorang dari transaksi riba sedangkan dia mengetahui, lebih besar dosanya daripada melakukan perbuatan zina sebanyak 36 kali..

Saya pribadi setiap menyampaikan tentang ini, audience biasanya langsung komentar, “Wah, berarti enak zina dong?” Gundulmu…!!

Sejauh yang saya pahami dari makna hadist diatas adalah; Seorang pelacur yang tidak memiliki apapun untuk dimakan dan dia hanya bisa mendapatkan makan dari uang hasil berzina (menjual dirinya), itu saja dilarang dan tetap dihitung dosa besar.. Apatah lagi seseorang yang hendak menceburkan dirinya kedalam kubangan riba hanya karena hendak mencicil motor, mobil, tanah atau rumah! Tentu lebih tidak dibolehkan lagi, dan berkonsekuensi memiliki dosa yang lebih besar. Karena orang yang mau mencicil motor, mobil dan lain-lain tentu sudah berkecukupan, dan tidak kesulitan mendapatkan makanan.

Allahu’alam..

2 Responses to Lebih Baik Zina Daripada Riba?
  1. RAF says:

    Hukum dan konsekwensi riba memang berat untuk di dakwahkan kepada orang sekitar karena zaman sekarang itu sudah dianggap biasa, apalagi banyaknya karib kerabat yang mencari hidup di leasing, perbankan dan asuransi.. Secara pribadi saya berdoa semoga saya, keluarga, dan orang-orang terdekat saya bisa dijauhkan dari riba ini.

  2. syaidin says:

    Amiin☺

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better