Syiah, ISIS dan PKI Sebagai Gerakan Radikalisme Kanan dan Kiri

#11Dalam teori radikalisme modern dikenal istilah radikalisme kanan dan radikalisme kiri.

1. Radikalisme Kanan

Adalah radikalisme yang berlatar belakang agama, atau dalam bahasa yang lebih spesifik biasa dijuluki ‘terorisme’ yang militansinya cenderung dibangun berdasar pemahaman yang keliru terhadap ajaran agamanya. Radikalisme kanan ini ada dalam semua ajaran agama samawi baik islam, nashrani maupun yahudi.

Saya tidak tahu siapa saja pengikut radikalisme kanan dalam kristen dan yahudi. Karena saya muslim, setahu saya pengikut radikalisme kanan ini adalah kelompok syiah yang membangun pusat peradabannya di Iran dan khawarij yang termanifestasi dalam tubuh ISIS di Suriah dan Irak.

Dalam sebuah negara, syiah dan khawarij (ISIS) sejatinya memiliki tujuan yang sama yakni menggulingkan kekuasaan dan menggantinya dengan kekuasaan yang sesuai dengan ideologi masing-masing mereka. Namun dalam prakteknya, syiah bermain lebih cantik dibanding khawarij (ISIS) yang cenderung vulgar. Syiah bermain secara diam-diam, setelah dirasa memiliki kekuatan, maka baru ditempuh cara pemberontakan. Syiah juga pandai memainkan peran dan irama, mereka memainkan pola “good cop vs bad criminal.” ISIS dikesankan seperti penjahat yang harus dibasmi, sedang syiah sendiri mengesankan dirinya bersama aparat yang akan menangkap penjahatnya. Cantik bukan?

2. Radikalisme Kiri

Adalah radikalisme yang dibangun berdasar kesamaan ideologi bernegara. Ideologi yang paling kuat tertuduh disini adalah ideologi komunis atau PKI. Di Indonesia sendiri PKI tercatat 3x (1926,1948, dan 1965) berusaha melakukan kudeta kepada NKRI.

Kedua radikalisme diatas baik kanan maupun kiri sama-sama berbahaya bila dibiarkan berkembang disuatu negara karena berpotensi melakukan kudeta atau memberontak kepada negara atau pemerintahan yang sah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better