Ingin Punya Rumah Tanpa KPR Tanpa Riba?

15073472_10209691997169650_7788228416613922149_nBanyak pertanyaan yang masuk baik via sms, WA, inbox fb maupun pertanyaan langsung dengan narasi kurang lebih;

“Bagaimana cara memiliki rumah di zaman ini tanpa riba; KPR, atau sistem ribawi lainnya. Karena sepertinya hal ini mustahil, atau minimal sangat sulit”

Saya baru berani dan mencoba beranikan diri menjawab saat ini, karena saya-pun belum lama punya rumahnya. Terus terang saya gak pede kalau saya jawab pertanyaan itu sementara saya sendiri belum punya rumah.

Sebelum saya jawab, mungkin perlu dikasih disclaimer agar pembaca tidak memukul rata; “Jawaban ini sifatnya sangat subjektif, sesuai pengalaman saya pribadi.”

Saya beli rumah dengan sistem cash tempo, maksudnya pembayarannya 75% di muka dan sisanya yang 25% dicicil langsung ke pemilik rumah. Dana 75% itu didapat dari tabungan pribadi, jual kendaraan, jual perhiasan istri dan pinjam teman..

Nah, bagi yang ingin memiliki rumah, tips ini bisa dijadikan pertimbangan;

  1. Berdoa, meminta kpd Allah dengan merendahkan diri serendah-rendahnya. Perbanyak dzikir, mintalah ampunan atas semua dosa-dosa. Lakukan dzikir dan istighfar kapan saja dan dimana saja; dalam perjalanan ke toko/kantor, ngantar anak, bekerja, atau saat apa saja. Perbanyak tahajud di sepertiga malam terakhir dengan niat meminta kepada Allah agar dimudahkan memiliki rumah sesuai kemampuan, dengan cara apa saja yang Allah kehendaki. Bangun untuk sholat tahajud disertai doa khusus minta kepada Allah. Berdoa dengan khusyuk dan sungguh-sungguh. Jangan meremehkan doa. Doa itu itu kita meminta kepada Yang Maha Kaya, bukan sekedar teman yang kaya, saudara yang mau minjami uang, pemilik perumahan, bos kantor.. Maka dalam doa tersebut, selipkan keyakinan kuat bahwa Allah akan mengabulkan doa kita. Jangan sekali-kali ragu atau pesimis dengan doa kita. Allah sesuai persangkaan hamba-Nya. Kalau kita yakin doa kita dikabulkan, Allah akan kabulkan insyaallah.
  2. Perbanyak sedekah. Niatkan supaya dimudahkan dalam memiliki rumah. Jangan pelit karena harta yang diinfaqkan di jalan Allah hakekatnya tidak berkurang, malah justru bertambah.
  3. Menabung semampunya. Buat target berapa tahun ingin punya rumah supaya bisa menyesuaikan berapa lama waktunya. Jangan paksakan beli rumah diluar kemampuan. Rumah kecil sederhana dengan jarak agak jauh dari tempat kerja gak jadi masalah jika dibanding harus memaksa beli rumah bagus dan dekat kota tp harga selangit dan tidak mampu.
  4. Jika setelah semuanya kita lakukan dan kita masih juga belum bisa memiliki rumah, tetap berbaik sangkalah kepada Allah. Bisa jadi itu yang terbaik yang bisa kita terima. Allah lebih mengetahui urusan hamba-hamba-Nya. Kalaulah kita tidak punya rumah di dunia, kita akan punya rumah abadi di surga kelak insyaallah. Hidup di dunia hanya sementara, mengapa memusingkan hal yang sifatnya fana, toh semua kita di dunia ini hakekatnya pengontrak.

Allahu’alam..

Semoga pembaca yang masih ngontrak dan ingin memiliki rumah segera Allah beri rumah.

One Response to Ingin Punya Rumah Tanpa KPR Tanpa Riba?
  1. Wah paling joss tips yang nomor 2 tuh. Saya selalu menerapkan itu, dan alhamdulillah kebutuhan hidup tercukupi. Saya juga senang mengikuti kajian ustad yusuf mansur atau membaca bukunya ippho santosa tentang sedekah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better