Tips Memilih Printer

Printer saat ini sudah menjadi kebutuhan tersendiri khususnya bagi kalangan pelajar, mahasiswa, karyawan dan perkantoran baik swasta maupun pemerintah. Seiring berkembangnya teknologi vendor, kita saat ini memiliki banyak pilihan penggunaan printer, dari kelas low end (valuable) hingga yang high end.

Di sisi lain, banyaknya pilihan ini membuat end user bingung, produk mana yang tepat untuk dimiliki, apakah merk A atau B? Apakah cukup dengan feature yang demikian ataukah harus yang demikian? Apakah yang harga sekian atau yang sekian? Dan seterusnya. Tulisan ini mencoba memberikan sedikit gambaran untuk itu.

Secara umum, penggunaan printer dibagi dalam 3 kategori;

1. Home Apply
Printer hanya digunakan untuk kebutuhan rumahan, maksudnya untuk keperluan-keperluan penghuni rumah yang berisi; bapak, ibu dan anak-anak. Bapak dan ibu untuk mencetak tugas kantor, anak-anak untuk mencetak tugas-tugas sekolah atau kampus. Penggunaan disini dimaksudkan secara terbatas, bukan secara massal. Secara hitungan mungkin penggunaannya rata-rata sekitar 3-10 lembar setiap hari, atau maksimal 30-50 lembar setiap minggu. Pemakaian lebih dari itu beresiko pada kerusakan printhead yang lebih singkat.

Beberapa contoh jenis printer ini misalnya Canon IP1980, IP2770, MG287, MG2570, dan semua merk printer dengan harga di bawah 1juta, baik yang bermerk Canon, HP, Epson, Brother atau yang lainnya.

2. SOHO (Small Office Home Office)
Yakni printer untuk penggunaan bisnis rumahan, start up business (pemula) dan small medium business (UMKM). Printer jenis ini bisa digunakan untuk kebutuhan cetak dalam jumlah besar, misalnya; skripsi, laporan kerja, proposal, dll dengan konsumsi kertas hingga ratusan lembar dalam satu waktu. Printer jenis ini diwakili oleh hampir semua jenis printer dengan sistem tabung (infus) pabrikan (vendor), misalnya; Canon G1000-G3000, Epson seri L1xx-L8xx, HP GTy810 dan semua jenis printer dengan harga 2jutaan ke atas.

Catatan; tidak disarankan memasang infus pada printer yang bukan bawaan pabrik, karena akan banyak beresiko.

3. Professional
Biasanya yang dimaksud adalah Professional Photo Printer, yakni printer yang khusus digunakan untuk mencetak foto dengan media photo paper.

Lalu untuk printing dengan jumlah besar bagaimana? Pakai aja jasa printing, karena biasanya perusahaan jasa printing menyediakan layanan printing menggunakan mesin printing khusus yang bisa melayani hingga ribuan atau bahkan puluhan ribu lembar sekali naik cetak. Harga mesin printer ini berkisar antara 30juta sampai 250juta.

Catatan yang perlu digarisbawahi disini adalah; banyak user yang mengira cukup dengan printer seharga di bawah 1juta bisa untuk mencetak apa saja dan berapa saja. Sehingga banyak diantara mereka yang kecewa ketika baru beli printer jenis pertama dan belum lama digunakan sudah rusak, setelah dicek, ternyata penggunaannya melebihi kemampuannya. Artinya, jika Anda ingin mencetak dalam jumlah banyak, belilah printer dengan jenis seperti pada poin.2, dan jangan beli printer untuk kelas pertama.

Nah, bagi yang hendak membeli dan memilih printer, artikel ini mungkin bisa menjadi panduan, semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better