Memisahkan Politik dari Agama, Sekulerisasi Masa Kini

Bahasan politik masih tabu bagi sebagian kaum muslimin, bahkan orang yg berusaha memahamkan perlunya berpolitik secara islami justru mendapat stigma negatif; dai politik, dai hizbi, dai haroki, politisasi islam, SARA, dll. Padahal sebagian dai tersebut tidak berafiliasi kepada partai tertentu, hanya murni agar masyarakat memilih pemimpin yg amanah, tidak ingkar janji, berpihak kepada islam dan umat islam, ada di belakang nasehat ulama.

Memisahkan bahasan politik dari islam sama saja memisahkan bahasan ekonomi islam, mengeluarkan hukum-hukum nikah, cerai dll dari islam, juga hukum-hukum yg lain. Karena dalam terminologi fiqh, kita mengenal;

  1. Fiqh ibadah; membahas seputar sholat, puasa, zakat, dll
  2. Fiqh muammalah; membahas seputar jual beli, hutang piutang, riba, dll
  3. Fiqh munakahah; membahas seputar pernikahan, perceraian, waris, dll
  4. Fiqh siyasah; membahas seputar politik dan kepemimpinan dalam islam

Jadi, menihilkan fiqh siyasah dalam kehidupan beragama sehari-hari itu hakekatnya sama dengan menihilkan fiqh-fiqh yg lain, dan ini akan berdampak bukan saja pada kehidupan individu, bahkan berdampak pada timpangnya kehidupan sosial bermasyarakat kita sebagai ummat islam. Ini salah satu bentuk sekulerisasi tersembunyi yg tanpa kita sadari. Ini yg musuh-musuh islam harapkan, mempreteli sendi-sendi syariat satu persatu, dimulai dari mempreteli politik islam, kemudian berlanjut ke sektor ekonomi, terakhir mempreteli islam dalam hal budaya dan sosial kemasyarakatan, hingga lepaslah nilai islam semua dan islam hanya terlihat di masjid saja, membahas soal ibadah.

Politik islam paling sederhana saat ini adalah memahamkan masyarakat islam agar berpihak kepada kepentingan islam, berpihak kepada ulama, mendengarkan dan menaati seruan mereka, memilih pemimpin yg berpihak kepada islam dan ulama, berhati-hati dari pemimpin yang buruk dan jahat, munafiq, ingkar janji, tidak amanah, tidak capable..

Allahu’alam..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better